Senin, 10 November 2014

Enden Wanimbo, Orang Paling Dicari Polda Papua


Selasa, 05 Agustus 2014 06:17

Enden Wanimbo, Orang Paling Dicari Polda Papua

Terkait dengan Aksi-Aksi Penembakan di Lanny Jaya

Kepala Kepolisian Daerah Papua Brigadir Jenderal Polisi Drs. Yotje Mende, M.H., M.Hum.JAYAPURA – Kepala Kepolisian Daerah Papua Brigadir Jenderal Polisi Drs. Yotje Mende, M.H., M.Hum., mengungkapkan, Enden Wanimbo yang merupakan pimpinan Kelompok Kriminal bersenjata di daerah Kabupaten Lanny Jaya, merupakan orang paling dicari oleh Polda Papua, atas penembakan yang selama ini dilakukan baik kepada masyarakat maupun kepada aparat TNI dan Polri di daerah itu.
 “Dari kesaksian terhadap anggota kami yang selamat atas aksi penembakan di Kabupaten Lanny Jaya selama ini adalah Enden Wanimbo. Dia yang bertanggungjawab atas penembakan selama ini dan dia orang yang kami cari juga Puron Wenda dan Rambo Wenda,”  ungkap Kapolda Yotje saat ditemui wartawan di  Mapolda Papua, Senin (4/8).
Dia menjelaskan, dari hasil keterangan personil atas penembakan awal pekan lalu bahwa penembakan empat anggota polisi tersebut adalah kelompok Enden Wanimbo. “Jumlah mereka kala itu sekitar 20 orang dan mudah-mudaha mereka bisa cepat sadar,” ujarnya

Meski dalam dua pecan terakhir terus terjadi penembakan di Kabupaten Lanny Jaya, namun tak ada operasi pengamanan di wilayah itu. “Aparat kemanan hanya meningkatkan kegiatan pengamanan,” cetusnya.
Peningkatan pengamanan yang dilakukan pasukan polri misalnya kegiatan pengamanan rutin terus ditingkatkan dari sebelum-sebelumnya. “Kegiatan ini bertujuan agar tidak sampai berkembangan” katanya.
Bahkan, tegas Kapolda Yotje pihaknya sedang melakukan penggalangan dengan mereka untuk menyelesaikan persoalan tersebut secara damai karena tidak ingin ada masyarakat yang menjadi korban, apalagi aparat keamanan yang melakukan pengamanan di daerah tersebut.
 “Saya tegaskan bahwa, Polda Papua tak mau melakukan penegakan hukum secara sporadic dan kami melakukan preemtif dan preventif yang selanjutnya dilakukan penegakkan hukum,” pungkasnya. (Loy/don/l03)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar